Jumat, 26 Juni 2009

MARIANA DAN MARIONO

Kami biasa memanggilnya Mbak A'yun. Dia adalah salah satu sepupu Syauqi. Yang saya kagumi dari dia adalah imajinasinya yang mengalir seperti mata air yang tak pernah kering. Kegiatan favorit yang paling sering dia lakukan adalah mendongeng menggunakan beberapa properti seperti yang sering dilakukan oleh PM TOH. Segala macam benda bisa dia gunakan untuk dia jadikan "wayang"nya mulai dari gayung, botol bedak, boneka, ember, tudung saji dll. Ajaib sekali, tanpa harus membeli mainan berharga mahal dia mampu menyulap perabotan rumah tangga menjadi pelakon-pelakon untuk menuangkan imajinasinya.

Dia hanya bisa duduk diam sesaat kala dia sedang kehabisan ide. Setelah menonton TV atau membaca buku beberapa menit, mulailah imajinasinya menari-nari di kepalanya dan kemudian siap kembali menjadi dalang bagi wayang-wayangnya. Kadang-kadang kalau didengarkan ceritanya memang tidak mengalir dalam satu plot,tapi melompat-lompat tidak karuan.
Kebiasaan mendongeng inilah yang kemudian dikagumi betul oleh Syauqi anak saya dan ditirunya. Bedanya Syauqi menggunakan kertas dan pensil sebagai media cerita. Jadi kalau dia sedang menggambar pasti seru karena mulutnya sambil bercerita tentang apa yang digambarnya.

Nah, Mbak A'yun ini memang tidak pandang lokasi dalam memainkan "wayang"nya, beberapa hari yang lalu saat berlibur di rumah Mbahnya, dan berada di pinggir kolam ikan dia terinspirasi kisah putri duyung di film dora yang bernama Mariana. Dia ingin Mariana punya teman, karena itu bertanyalah ia pada sang ibunda, "siapa nama temannya Mariana ya Bu?" si Ibu yang ternyata juga kaya imajinasi langsung menjawab "Mariono aja" lhaa..kok temannya Mariana jebule wong jowo.........

Akhirnya kisah Mariana dan Mariono pun bergulir di pinggir kolam ikan. Hasilnya? tentu saja becek dimana-mana gara-gara mereka berdua sangat hobi berenang dan membuat kue dari pakan ikan yang direndam air. sayang saya tidak sempat merekam aksi Mbak A'yun saat mendongeng karena kameranya tertinggal di Cikarang. Tapi mungkin foto di bawah bisa mewakili tentang betapa hebohnya kalau ada beliau.

Tidak ada komentar: